MATEK F405 AIO 16k/16k

Oke sekarang kita sedikit bercerita tentang Flight Controller ini, untuk spek bisa lihat di oprekdrone.com . Ada sedikit masalah dengan FC ini dikarenakan Sensor Gyro yang support 32bit sehingga bisa membuat kendali terbang menjadi bermasalah. Masalah yang utama adalah twitching yaw, masih berkutat dengan matek F405AIO , saya coba untuk mencari solusi agar bisa mengaktifkan 32bit menggunkan loop dan gyro diatas 8k/8k. solusi pertama menggunakan elco low esr pada setiap esc … disini saya menggunakan esc thunder-x 30A dshot1200. permasalahan ini muncul disaat saya menggunakan Betaflight versi 3.2.4.

Saya mencoba dengan 16k/8k masih saja terjadi twiching yaw, berlanjut menggunakan softmount pada motor … tetap saja twitching yaw terjadi. hanya mampun menggunakan 8k/8k.

Suatu hari sampai akhir saya mau menyerah dengan menggunakan MATEK F405AIO, saya penasaran dengan configurator Butterflight, Saya coba menggunakan firmware ini .. menggunakan firmware hex matek f405 3.5.1 rc-2. Dan Tada .. saya berhasil menggunakan 16k/16k dengan load 27% acclero on, tanpa overclock dshot1200.]

Saya menarik kesimpulan disini pada firmware miliknya butterflight memiliki kalman filter, saya belum coba betaflight v3.4 rc yang telah menggunakan kalman filter. yang jelas twiching hilang, sayang saya belum sempat coba ke 32k/16k. Saya hanya menggunakan dumper biasa, dan menggunakan elco low esr bawaan. Ada rencana saya akan membeli elco low esr panasonic 2x 1500uf/25v untuk membersihkan riak pada tegangan yang bakal berpengaruh ke gyro.

Oke demikian saja. semoga masalah FC dengan gyro sensitif seperti IMU: 32K ICM20602 dapat teratasi dengan firmware terbaru, jangan menyerah .. jangan buang mereka .. mereka masih berfungsi secara baik.

Demikian infonya semoga bermanfaat … saya akan coba untuk ambil MATEK F722 STD untuk bermain semi dan long range karena memiliki imu 32k dan barometer, sehingga saya cuma membutuhkan 1 M8N untuk membuat armada saya lebih lengkap dengan navigasi satelit ….

untuk videonya bisa lihat dimari … https://youtu.be/v3D3cCk7Om0

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.