Cara Ampuh Melatih Daya Kerja Otak Hingga ke Titik Maksimalnya

Coba 11 Cara Ampuh Melatih Daya Kerja Otak Hingga ke Titik Maksimalnya. Usia 20-40 tahun adalah waktu terbaik untuk melakukannya

Otak adalah harga paling berharga yang dimiliki oleh manusia, tanpanya tak mungkin kita melihat pesatnya perkembangan teknologi serta pembangunan infrastruktur di kota-kota besar. Berbeda halnya dengan organ tubuh yang lain, yang dari umur 30 hingga 40 tahun fungsinya akan mengalami stagnasi, otak terus memiliki kemampuan untuk tumbuh berkembang.

Persoalannya banyak dari kita tidak tahu bagaimana cara melatih dan mengembangkan fungsi bagian tubuh yang paling berharga ini. Apalagi bagi generasi millennials, usia mereka adalah saat dimana energi yang dimiliki otak memiliki potensi paling signifikan untuk dikembangkan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara melatih daya kerja otak agar maksimal!

 

  • Setiap kali sebelum tidur, ingatlah 3 hal penting yang terjadi di hari itu

Mengingati 3 hal penting sebelum tidur akan merangsang otak untuk dapat menata pikiran menjadi lebih tertata, akibatnya otak bisa menyimpan memori dengan lebih baik lagi.

 

  • Bila sedang bermain, berpikirlah bagaimana caranya agar kamu kalah

Bila sedang bernegoisasi, maka berdoalah agar kalah. Tidak ada manusia yang menginginkan kekalahan, bahkan dalam permainan sekalipun. Tetapi dengan mencoba untuk sekali-kali “mengalah” justru malah membuat otak kita lebih aktif lagi, karena kita membiasakan diri untuk berpikir dari sudut pandang orang lain.

 

  • Berbincang dengan tumbuhan dan hewan peliharaan

Mungkin kamu akan mengatakan kalau hal ini aneh, bukan? Tapi sebenarnya di balik itu,
dengan berbincang-bincang dengan hewan dan tumbuhan merangsang otak agar terampil dalam mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkan.
Selain itu, berbeda dengan berbincang dengan manusia yang selalu membalas, berbincang dengan hewan maupun tumbuhan akan membuat otak menjadi lebih rileks. Setelah otak tenang, maka ia pun siap diisi kembali.

 

  • Tulislah puisi tentang hidupmu sendiri

Bila kamu merasa bukan jagoan kata ataupun pujangga, tak perlu khawatir, tetaplah menulis dengan gaya puitis karena tak seorangpun akan menilai bagus tidaknya puisimu. Ini semata-mata dilakukan agar merangsang keaktifan otak antara memori apa yang terjadi hari itu dengan daya kreatifitas kata yang kita tuangkan.

 

  • Sesekali gunakanlah pensil untuk menulis

Di zaman serba canggih seperti ini, tentunya kamu lebih sering menulis dengan menggunakan laptop daripada menggunakan tulisan tangan. Padahal menulis menggunakan tangan baik dengan pensil atau pulpen, dapat melatih otak zona motorikmu dengan lebih baik. Otak juga akan terlatih karena harus mengirimkan perintah ke tanganmu dengan sangat rinci untuk mendapatkan rangkaian alfabetis yang diinginkan.

 

  • Belajarlah bahasa asing dengan menyanyikan lagu-lagunya

Belajar bahasa asing pada dasarnya sangat membantu otak agar tetap aktif dan berfungsi baik, akan tetapi seringkali kita lebih cepat bosan dan malas untuk mempelajarinya. Salah satu metode yang menyenangkan adalah dengan menghafalkan lagu-lagu dari bahasa asing kemudian menyanyikannya kembali. Selain memperkuat daya ingat otak, bernyanyi lagu-lagu asing ini dapat memicu informasi agar lebih cepat menempel ke otak.

 

  • Perbaharui otakmu dengan tidur siang 10 menit

Suntuk dan bosan merupakan pertanda dari otak yang sudah kelelahan yang apabila pekerjaan diteruskan dengan kondisi demikian hanya akan membuat daya pikir otak justru semakin tumpul. Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu memperbaharui pikiran.
Caranya bagaimana? Salah satu cara paling efektif adalah dengan mengistirahatkannya. Jadi di sela-sela kamu bekerja, tidurlah siang selama 10-15 menit, maka setelah terbangun, otak yang baru yang sudah bersih akan siap digunakan.

 

  • Sambil berangkat kuliah atau kerja, carilah berapa banyak mobil merah yang melintas?

Bila kamu malas bepergian ke kuliah atau kantor, cara ini bisa menjadi hiburan berharga dan murah. Apabila kamu naik kereta, ganti objeknya menjadi manusia yang berbaju merah.
Keesokan harinya bisa kamu ganti menjadi warna putih dan di hari-hari lain juga bisa kamu ganti menjadi beragam warna lainnya. Selain menyenangkan, kegiatan ini melatih otak penglihatan agar seksama memperhatikan aneka hal yang terjadi di sekitar kita.

 

  • Ketika sedang bepergian, gabungkanlah berbagai kata yang kamu lihat di baliho atau spanduk

Tidak jauh berbeda dengan cara ampuh ke-8, cara ini juga akan membuat perjalananmu jauh lebih menyenangkan.
Dengan menyimak papan nama, baliho, maupun spanduk yang ada di sekelilingmu, kemudian menggabungkan kata-kata yang ada di spanduk satu dengan spanduk lain akan membuat otak kita jadi jeli dan terampil dalam menyusun kata, bahkan seringkali kita bisa menemui nama-nama yang menarik dan baru.

 

  • Catatlah aneka pandangan orang saat rapat

Kegiatan ini merupakan akumulasi pelatihan otak yang sangat baik untuk kamu; tidak hanya otak pemahaman saja yang dilatih, otak motorik dan pendengaran juga akan diberdayagunakan. Selain itu, karena rapat berlangsung dalam suasana yang cepat, maka kita terlatih untuk tetap tenang dan memegang kendali sembari terus memperhatikan apa yang disampaikan oleh orang lain.

 

  • Redamlah luapan kemarahanmu

Sekilas marah memang tidak ada hubungannya dengan fungsi kerja otak, tetapi perlu kamu ketahui bahwa ketika kamu marah, alirah darah justru akan mengalir deras ke otak dan menyebabkan naiknya tekanan darah di otak.
Dengan pengendalian emosi yang teratur, otak akan menjadi lebih tertata dan berpikir dengan lebih baik.Itulah tadi 11 cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih kerja otak sampai ke kemampuan maksimalnya.

Siap melakukannya? Mulai dicoba ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat